Jumat, 13 November 2015

RPP drink kelas 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

SD                               : SD Negeri Karangdalem
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : II/ 2
Pertemuan                 : 1
Materi Ajar                :Drinks
Alokasi Waktu           : 20 Menit

I.         Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD):
1.         Listening
·           SK: Siswa mampu melakukan kegiatan sesuai dengan instruksi yang didengar dalam konteks minuman.
·         KD: Siswa mampu menyimak dan memahami ucapan seseorang dengan akurat dalam konteks percakapan tentang minuman.
2.         Speaking
·           SK: Siswa mampu menirukan pengucapan nama minuman yang diucapkan oleh guru atau yang didengar dari kaset/CD.
·           KD: Siswa mampu mengucapkan nama minuman dengan akurat sehingga terjalin komunikasi yang baik dengan seseorang secara wajar dalam konteks percakapan sederhana tentang minuman.
3.         Reading
·         SK: Siswa dapat memahami kalimat tertulis dalam konteks  minuman.
·         KD: Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat sederhana yang berkaitan dengan minuman.
4.         Writing
·           SK: Siswa mampu menyalin kata atau kalimat dalam konteks  minuman.
·           KD: Siswa mampu menuliskan dengan benar kata-kata atau kalimat yang berkaitan dengan  minuman.

II.      Indikator :
1.        Siswa mampu menyebutkan nama minuman dengan lancar serta dengan pengucapan yang benar.
2.        Siswa mampu membaca dengan nyaring kalimat-kalimat yang berkaitan dengan minuman secara lancar dan akurat.
3.        Siswa mampu menuliskan kalimat-kalimat yang berkaitan dengan minuman secara lancar dan akurat.

III.   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan benar dan wajar secara lisan dan tertulis pada tataran sederhana dengan orang lain dalam konteks percakapan tentang minuman.
IV.   Metode Pembelajaran
a.      Tatap Muka
Siswa mengamati dan mendapatkan model-model pengucapan makanan dan minuman serta kalimat-kalimat yang berhubungan dengan makanan dan minuman baik dari guru maupun dari kaset/CD sehingga para siswa juga mampu melakukan hal serupa dalam percakapan sederhana yang komunikatif.  
b.      Terstruktur
·           Siswa menyalin kata dan kalimat tentang makanan dan minuman dengan benar.
·           Siswa menghafal nama-nama makanan dan minuman.
c.    Mandiri
Siswa membiasakan diri untuk menyebut nama-nama makanan dan minuman dan bercakap-cakap dengan teman atau guru atau keluarga di rumah sehubungan dengan makanan dan minuman.  
V.      Materi Ajar
Macam-macam Minuman
Air Mineral         : Mineral Water
Teh                      : Tea
Kopi                     : Coffee
Lemonade           : Limun
Milk                     : Susu
Coke                    : Coca cola
Hot Chocolate     : Coklat Panas
Jus                       : Juice
Jus Anggur         : Grape Juice
Jus apel               : Apple Juice
Jus Apukat         : Avocado Juice

VI.   Langkah-langkah Aktivitas Pembelajaran:
A.    Pertemuan ke-34
Tahapan
Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø Salam pembuka dan berdoa bersama, menggunakan Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa.
Ø Melakukan presensi terhadap peserta didik
Ø Menanyakan kabar peserta didik
Ø  Untuk brainstorming, guru menunjukkan gambar makanan atau minuman tertentu menanyakan namanya kepada siswa tertentu secara acak untuk mengetahui sejauh mana mereka mengetahui nama-nama makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.
Ø  Guru memberitahu bahwa dalam pertemua itu siswa akan mempelajari nama-nama makanan dan minuman dan cara membuat kalimat tanya jawab tentang makanan dan minuman dalam bahasa Inggris.  
5 menit
Inti
Ø Guru mempresentasikan materi ajar yang terbatas pada nama-nama minuman.
Ø Siswa diminta mendengar penyebutan nama-nama  minuman yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal atau individu.
Ø Guru memperhatikan pengucapan nama makanan dan  minuman dan membetulkan jika salah.
Ø Guru juga bisa menyelipkan game atau aktivitas menarik lain.
15 menit
Penutup
Ø Mereview materi hari ini
Ø Guru bisa memberikan latihan lain baik secara lisan maupun secara tertulis atau dengan meminta siswa mengerjakan
Ø Guru memberi tugas rumah kepada siswa Guru menunjukkan gambar makanan atau minuman tertentu dan menanyakan nama makanan atau minuman itu kepada siswa dan siswa itu diminta menjawab.
Ø Guru meringkas materi yang barusan dipelajari dan meminta siswa untuk mengulang kembali pelajaran itu di rumah.
Ø Memberikan Reward bagi siswa yang aktif
Ø Doa penutup dan salam
10    enit

VII.      Sumber/Bahan/Alat Pembelajaran:
a.              Sumber utama: buku teks ENGLISH FOR REAL COMMUNICATION: An Integrated Course for Elementary School Students 2 – Untuk Kelas II SD dan Sederajat karya Silvester Goridus Sukur (Penerbit Grasindo Jakarta).
b.             Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
c.              Rekaman kaset/CD
d.             Buku-buku lain yang relevan
VIII.   Penilaian:
a.      Aspek yang dinilai:
·         Listening/Speaking: Pengucapan, kelancaran, keakuratan, intonasi, ekspresi wajah, tata bahasa.
·         Reading : Pengucapan, intonasi, kelancaran, akurasi
·         Writing: - Ejaan, kerapian tulisan tangan, keakuratan
b.      Teknik Penilaian :
·         Tes lisan/tertulis
·         Observasi kelas
·         Penilaian guru


                  Mengetahui,                                                           Purworejo, 10 November 2015
Kepala SD Negeri Karangdalem                                                       Guru Bahasa Inggris




            Rohati, Mp.d                                                                           Kasih Budi Rahayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut